Rabu, 23 Januari 2013

Sejarah Bank di Indonesia

Ada yang pernah tau tentang sejarah Bank di Indonesia? Kapan pertama kalo bank ada dan kenapa ada bank-bank besar kaya Bank Mandiri akhirnya ada di Indonesia?

Well, ini ceritanya:

Dulu, di Indonesia bank itu adalah suatu sistem yang dibawa oleh orang-orang Belanda. Di kala itu, De Javansche Bank,didirikan pertama kali di Batavia (nama Jakarta jaman dulu) di tahun 1828 terus setelah itu disusul oleh Netherlandsche Indische Escompto Maatschappij, NV di tahun 1918 untuk memegang monopoli pembelian hasil bumi di Indonesia dan dijual ke luar negeri.Singakat cerita, dengan berkembangnya bank-bank yang didirikan dan dibawa oleh Hinda Belanda, berikut ini adalah bank-bank pemerintah yang berdiri tegak sampai sekarang.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat sejarah bank-bank milik pemerintah, yaitu:
1. Bank Sentral
Bank Sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI) berdasarkan UU No 13 Tahun 1968. Kemudian ditegaskan lagi dnegan UU No 23 Tahun 1999.Bank ini sebelumnya berasal dari De Javasche Bank yang di nasionalkan di tahun 1951.

2. Bank Rakyat Indonesia dan Bank Expor Impor
Bank ini berasal dari De Algemene Volkscrediet Bank, kemudian di lebur setelah menjadi bank tunggal dengan nama Bank Nasional Indonesia (BNI) Unit II yang bergerak di bidang rural dan expor impor (exim), dipisahkan lagi menjadi: Yang membidangi rural menjadi Bank Rakyat Indonesia dengan UU No 21 Tahun 1968.Yang membidangi Exim dengan UU No 22 Tahun 1968 menjadi Bank Expor Impor Indonesia.

3. Bank Negara Indonesia (BNI '46)
Bank ini menjalani BNI Unit III dengan UU No 17 Tahun 1968 berubah menjadi Bank Negara Indonesia '46.Bank Dagang Negara(BDN)

4. BDN berasal dari Escompto Bank yang di nasionalisasikan
dengan PP No 13 Tahun 1960, namun PP (Peraturan Pemerintah)ini dicabut dengan diganti dengan UU No 18 Tahun 1968 menjadi Bank Dagang Negara. BDN merupakan satu-satunya Bank Pemerintah yangberada diluar Bank Negara Indonesia Unit. Bank Bumi Daya (BBD)

5. Bank Tabungan Negara(BTN)
BTN berasal dari De Post Paar Bank yang kemudian menjadi Bank Tabungan Pos tahun 1950. Selanjutnya menjadi Bank Negara Indonesia Unit V dan terakhir menjadi Bank tabungan Negara dengan UU No 20 Tahun 1968.

6. Bank Mandiri
 Bank Mandiri merupakan hasil merger antara Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dan Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim). Hasil merger keempat bank ini dilaksanakan pada tahun 1999. Yang menarik di sini adalah Bank Mandiri karena dari semua bank milik pemerintah, yang menjadi saat ini Bank Mandiri. Mengapa? Karena Bank Mandiri adalah satu-satunya yang Saya tahu memiliki museum Bank di indonesia. Kalo salah, Saya akan minta maaf ke Bank Mandiri. Hehehehe.

Demikian sedikit kisah untuk Bank di Indonesia, terutama Bank Mandiri. Nah, mengenai museum Bank Mandiri akan Saya bahas setelah artikel berikut ini.

Thanks a lot for reading.

Kisahku Mengenai Bank Mandiri

bank mandiri
Dulu saya sempat ragu, bank Mana yang lebih baik untuk saya. Saya memerlukan bank yang bisa digunakan untuk proses transaksi transfer keuangan bagi bisnis online yang sedang dibangun. Masih bingung sini sana, saya berbincang dengan saudara saya yang sudah lama bekerja di Bank Mandiri, Dia menawarkan saya untuk membuat Rekening di Bank Mandiri saja. Awalnya saya hanya mengira kalau dia hanya mau Promosikan Bank Mandiri tempat dia bekerja saja , tapi saat dia menjelaskan banyaknya keunggulan Bank Mandiri, saya pun mulai tertarik .Pertama saya mencoba membuat rekening di Bank Mandiri , saat itu saya benar-benar tidak tahu harus memulai dari mana.

Begitu saya masuk kedalam gedung Bank Mandiri , pelayanannya sungguh memuaskan, dari satpam yang membukakan pintu dan menyapa para calon customer Bank Mandiri, dan begitu pula pelayanan oleh para Customer Service-nya. Saya kemudian mencoba beberapa fasilitas yang diberikan Bank Mandiei, seperti Mandiri Mobile Banking, Mandiri Credit Card, Mandiri internet Banking,bahkan saya juga dijelaskan berbagai produk Bank Mandiri lainnya yang membuat saya tertarik seperti Mandiri kredit Multiguna dan KTA yang bisa saya ajukan untuk membangun bisnis online saya.

Saat ini saya sudah satu tahun menjadi Customer Bank Mandiri, dengan kenyamanan ini saya akan terus menggunakan dan mempercayakan transaksi keuangan saya pada Bank Mandiri.Bank Mandiri bahkan sudah menambah banyak sekali fasilitas yang saya butuhkan seperti ada beberapa Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan saya dalam bertransaksi dimana saja dan kapan saja sehingga saya lebih leluasa memanfaatkan waktu saya.
Dan juaga ada layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi saya yang tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan saya.

Inilah cerita menyenangkan saya menjadi customer aktif Bank Mandiri, Mana cerita mu?

Selasa, 22 Januari 2013

Cerita KPR Bank Mandiri

bank mandiri
Nama saya Wilma. Saya sekarang sudah menjadi nasabah Bank Mandiri. Pada saat pertama kali membuka tabungan Bank Mandiri, saya dibantu oleh customer service di Bank Mandiri cabang Pondok Indah. Pertama-tama saya dijelaskan mengenai suku bunga Bank Mandiri dan syarat-syarat apa yang harus dipenuhi jika ingin membuka tabungan Bank Mandiri. Setelah memenuhi semua persyaratannya, saya bisa membawa pulang ATM dan Buku Tabungan Bank Mandiri. Prosesnya berjalan cepat dan bisa langsung digunakan untuk bertransaksi di ATM Bank Mandiri terdekat.

Beberapa bulan kemudian, salah satu customer service Bank Mandiri menelepon saya dan menawarkan untuk membuka kartu kredit Bank Mandiri. Ada beberapa jenis kartu kredit Bank Mandiri yang ditawarkan, diantaranya : Kartu Kredit Bank Mandiri Visa dan Kartu Kredit Bank Mandiri Mastercard. Kartu Kredit Bank Mandiri Visa juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu : Bank Mandiri Platinum Card, Bank Mandiri Gold & Silver Card, Bank Mandiri Golf Card, Bank Mandiri Hypermart Card, dan Bank Mandiri Corporate Card. Sedangkan untuk Kartu Kredit Bank Mandiri Mastercard, terbagi menjadi : Bank Mandiri Titanium & Everyday Card dan Bank Mandiri Feng Shui Card. Pada akhirnya saya memutuskan untuk meng-apply kartu kredit Bank Mandiri yang Bank Mandiri Hypermart Card, karena saya memerlukan itu untuk belanja kebutuhan sehari-hari di Hypermart.

Beberapa tahun setelahnya, tante saya menanyakan kepada saya tentang KPR. Saat itu saya menyarankan untuk mengambil KPR Bank Mandiri. Bank Mandiri KPR adalah kredit dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk pembelian rumah baru maupun rumah lama berupa rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer dan non developer. Ketentuan umum Bank Mandiri KPR, yaitu : Limit kredit sampai dengan maksimal 80% dari nilai agunan sesuai penilaian bank, dan jumlah angsuranper bulan sampai dengan maksimal 40% dari penghasilan. Setelah saya jelaskan ke tante saya, akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan Bank Mandiri KPR.

Itulah perjalanan saya dengan Bank Mandiri. Walaupun terkadang suka error jaringan Bank Mandiri dan saat mau ke teller, antrian di Bank Mandiri sangat panjang, tapi saya bisa memakluminya. Mungkin hal tersebut disebabkan karena nasabah dari Bank Mandiri sangat banyak. Perlu kesabaran yang lebih bagi orang-orang yang bekerja di Bank Mandiri saat berhadapan langsung dengan nasabah Bank Mandiri. Keluhan dari Nasabah Bank Mandiripun harus mereka tampung dan segera diselesaikan permasalahannya.

Kedepannya diharapkan Bank Mandiri bisa menjadi bank yang terbaik di Indonesia, khususnya di Jakarta. Bank Mandiri juga diharapkan mampu memberikan service yang terbaik bagi nasabahnya dan juga memberikan solusi kepada nasabah yang mengalami kesulitan saat menggunakan jasa Bank Mandiri. Bank Mandiri bisa menjadi bank yang jujur, pro rakyat, dan terhindar dari korupsi. Bank Mandiri setia di hati Rakyat Indonesia!

Kisahku Bersama ATM Bank Mandiri

Desember tahun lalu saya sempat pergi keluar ke sebuah daerah yang mendekati pedesaan (sebut saja Kota X) .Saya sangat binggung karena susah sekali mencari Bank atau Atm disana. Namun ternyata saya menemukan sebuah ATM yang masuk hingga ke kota Kecil, yaitu ATM Bank Mandiri. Saya sangat senang karena menemukan Atm Bank Mandiri itu, bagaikan menemukan sebuah Emas di dalam pasir,hahaha..Saya sangat bersyukur saat itu karena saya adalah salah satu customer Bank Mandiri.

Saat saya masuk kedalam Bank Mandiri disana, ternyata tidak seperti dugaan saya. Walaupun Bank Mandiri ini berada di pedesaan, Tapi layanan dan fasilitasnya tetap seperti Di Jakarta. Tetap Bagus dan Melayan dengan Baik. Awalnya saya agak ragu, apa untuk pengiriman uang juga sulit. Tapi ternyata Bank Mandiri sangat cepat melayani

walaupun dalam pedesaan sekalipun.Saudara saya yang bekerja di Bank Mandiri, juga bercerita kepada saya bahwa Bank Mandiri mengedepankan kepercayaan nasabahnya dan juga kualitasnya. Saya sangat senang, bahwa Bank Mandiri ternyata memiliki kualitas yang baik. Saya Harap Bank Mandiri tetap bisa seperti ini bahkan lebih baik kedepannya.

Kamis, 17 Januari 2013

Layanan Internet Banking Bank Mandiri

Internet Banking Bank Mandiri
Bank Mandiri sendiri memiliki julukan sebagai Bank Terbaik di Indonesi. Bank Mandiri memiliki moto seperti Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda. Moto terbau Bank Mandiri adalah Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri Saja. Dengan menggunakan moto tersebut, Bank Mandiri terus menerus meningkatkan servisnya. Salah satu servis yang paling membantu adalah internet Banking. Layanan ini adalah layanan 24 jam yang berarti nasabah bisa mengaksesnya 24 jam dengan mengunakan komputer, lapto atau gadget.

Internet banking dari Bank Mandiri mempermudah para nasabah dalam melakukan transaksi. Selain itu internet banking dari Bank Mandiri memang terjamin keamanannya. Internet banking ini sudah dilengkapi fitur dapat menjamin keamanan dan kerahasian data transaksi para nasabah.
Layanan Internet banking dari Bank Mandiri bisa digunakan untuk melakukan transaksi seperti Transfer antar rekening Bank Mandiri, Pembayaran tagihan, Informasi saldo, Aktivitas transaksi Internet Banking,  Permintaan buku cek/BG, Update profil, Personalisasi serta Pendaftarn layanan notifikasi SMS Banking Bank Mandiri.

Jadi, segeralah mendaftarkan nomor rekening Bank Mandiri untuk mendapatkan fasilitas layanan internet Banking Bank Mandiri. Untuk mendapatkan layanan ini pun cukup mudah, Anda hanya cukup mendatangi kantor cabang terdekat Bank Mandiri.

Rabu, 16 Januari 2013

Cerita Mueseum Bank Mandiri

Setelah memasuki tahun 2013 dengan aman, saat merencanakan perjalanan untuk liburan -liburan yang akan datang. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan ialah museum Bank Mandiri.

Ceritannya adalah Museum Bank Mandiri berdiri tanggal 2 Oktober 1998. Museum Bank Mandiri yang menempati area seluas 10.039 m2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.
Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), hingga akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999), maka gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri.

Di Museum Bank Mandiri pengunjung juga akan melihat lebih luas lagi dunia perbankan. Mulai dari dikenalkan berbagai alat timbangan dokumen, Museum Bank Mandiri juga memberi contoh bilyet giro dari masa ke masa, pengenalan mesin atm, ada juga mesin penghancur uang, sampai mesin ketik dari berbagai jaman.

Semoga Museum Bank Mandiri bisa di jadikan salah satu tujuan wisata jalan-jalan anda untuk mengisi waktu liburan akhir tahun ini. Bagi para pengunjung, diharapkan jangab lupa membawa ulang lebih untuk mencari makan atau membawa bekal sendiri.

Museum Bank Mandiri, museumnya kita semua.

Selasa, 15 Januari 2013

Konsistensi Bank Mandiri

Konsistensi Bank Mandiri
Layanan Bank Mandiri yang kosisten dan terus membaik membuat menjadi pilihan. Ada seorang Ibu yang sudah lama menabung di Bank Mandiri. Ibu ini bernama Lindawati. Ibu Lindawati merupakan salah satu nasabah Bank Mandiri Prioritas. Bank Mandiri selalu melayani kebutuhan perbankan Ibu Lindawati.

Usaha Ibu Lindawati pun tumbuh berkat layanan KPR Bank Mandiri. Bank Mandiri dinilai telah membantu usaha kecil menengah. Salah satu buktinya ialah dengan kemajuan usaha Ibu Lindawati. Pada malam penghargaan Bank Mandiri, Ibu Lindawati memperoleh penghargaan sebagai Nasabah of The Year.

Bank Mandiri terbukti mengapresiasi para nasabahnya, tidak hanya memikirkan profit, Bank Mandiri juga memperhatikan Marketing 3.0 yang dicetus oleh Hermawan Kartajaya.

Selain Ibu Lindawati, ada cerita sukses lainnya dari Bapak Toto. Bapak Toto sudah bertahun-tahun menjadi nasabah Bank Mandiri. Dari usahanya dulu yang hanya di rumah kecil, sekarang Pak Toto sudah dapat membangun sebuah pabrik berkat pinjaman dari Bank Mandiri.

Bank Mandiri selalu mengkedepankan kepuasan nasabah. Pelayanan Bank Mandiri ini patut dicontoh oleh bank-bank lainnya.

Bank Mandiri baru saja mendapatkan award sebagai Best Service Bank. Dengan Award ini, Bank Mandiri mengukuhkan posisinya sebagai yang terdepan dari yang lain.

Konsistensi juga merupakan salah satu kunci keberhasilan Bank Mandiri.

Senin, 14 Januari 2013

Program Bank mandiri


bank mandiri
Bank Mandiri yang berkantor pusat di ibu kota Indonesia, Jakarta  merupakan hasil merger dari 4 bank besar lainnya yang merupakan milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Sekarang Bank Mandiri telah menjadi bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit.

Nasabah Bank Mandiri yang terdiri dari berbagai segmen merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Berdasarkan sektor usaha, nasabah Bank Mandiri bergerak dibidang usaha yang sangat beragam. Sebagai bagian dari upaya penerapan ‘prudential banking’ & ‘best-practices risk management’, Bank Mandiri telah melakukan berbagai perubahan. Salah satunya, persetujuan kredit dan pengawasan dilaksanakan dengan ‘four-eye principle’, dimana persetujuan kredit dipisahkan dari kegiatan pemasaran dan business unit. Sebagai bagian diversifikasi risiko dan pendapatan, Bank Mandiri juga berhasil mencetak kemajuan yang signifikan dalam melayani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan nasabah ritel. Pada akhir 1999, porsi kredit kepada nasabah ‘corporate’ masih sebesar 87% dari total kredit, sementara pada 31 Desember 2009, porsi kredit kepada nasabah UKM dan mikro telah mencapai 42,22% dan porsi kredit kepada nasabah consumer sebesar 13,92%, sedangkan porsi kredit kepada nasabah ‘corporate’ mencakup 43,86% dari total kredit.

Begitu banyak yang sudah dilakukan oleh bank mandiri kepada saya dalam bentuk pelayanan mereka yang sangat baik.
Sampai saat ini masih bank mandiri yang dapat melayani saya dengan cepat terutama soal pinjaman seperti KTA program bank mandiri. Untuk angsurannya bisa disesuaikan dengan keadaan kita dan pencairan dari Bank mandiri juga cepat dan tidak terlalu banyak format yang harus diisi. Cukup beberapa kali pertemuan dan diberikan form khusus bank mandiri tersebut langsung beberapa hari cair ke rekening kita.

Untuk program lain bank mandiri juga banyak sekali seperti kredit rumah dan mobil yang bunganya tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan produk bank lain.
Selain itu juga ada akses yang dapat mencakup ke semua kalangan dan sampai saat ini sudah mudah dijangkau di beberapa kota yang tidak terlalu besar.
JUga kemudahan ATM dan akses link dengan bank lain juga sangat memudahkan saya untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer dan lainnya.
Sampai hari ini kesan untuk para officer yang bantu saya di cabang sangat ramah dan hangat, begitu membantu dan tidak terasa juga jika haerus menunggu antrian karena solusi dan pelayanannya profesional dan cepat.
Terimakasih saya untuk bank mandiri yang telah bertahun-tahun membantu aktifitas keuangan saya dan keluarga.

Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan slaah satu bank terbaik di Indonesia. Bank ini pertama kali berdiri pada 2 Oktober 1998 yang merupakan merger dari empat bank, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) dan Bank Pemabangunan Indonesia (Bapindo).
Slogan Bank Mandiri sejak tahun 2008 hingga saat ini adalah Terdepan, Terpercaya dan Tumbuh bersama Anda. Bank Mandiri berkomitmen untuk menjadi bank terbaik di Indonesia.
Bank Mandiri selalu melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk menjadi lebih baik. Selain itu Bank Mandiri juga selalu mengutamakan kepuasan konsumennya.

Sejak awal berdiri, Bank Mandiri langsung tancap gas dan menjadi bank terbaik dalam beberapa tahun belakangan ini. Bank Mandiri selalu berusaha untuk menjadi lebih baik melalui program-program yang dibuatnya. Salah satu program Bank Mandiri adalah Mandiri Fiesta. Bank Mandiri tidak pernah berhenti berinovasi untuk menjadi yang terdepan. Baik dalam segi pelayanan dan layanan lainnya.

Bank Mandiri disejajarkan dengan bank-bank top lainnya di Indonesia. Meskipun masih terbilang muda, Bank Mandiri tidak kalah bersaing dengan bank lainnya.

Jumat, 11 Januari 2013

Strategis dan Bisnis Bank Mandiri

Bank Mandiri tersemasuk bank yang sudah memiliki strategi yang kuat seperti:
  • Menyelesaikan permasalahan kredit bermasalah (NPL) dan melakukan konsolidasi bisnis Corporate Banking
  • Memperbaiki image perusahaan, meningkatkan penerapan Good Corporate Governance dan memperkuat kapabilitas
  • Melanjutkan pengembangan bisnis pada seluruh segmen yang telah ditetapkan
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Meningkatkan profesionalisme SDM melalui penerapan corporate values, performance culture, sales & risk culture
bank mandiri
Tujuan bank mandiri :
Turut melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang perbankan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Visi bank mandiri :

TERDEPAN. TERPERCAYA, TUMBUH BERSAMA ANDA
Misi bank mandiri :
o Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
o Mengembangan sumber daya manusia profesional
o Memberikeuntungan yang maksimal bagi stakeholder
o Melaksanakan manajemen terbuka
o Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

Tentang Bank Mandiri:

Sejarah Perusahaan
Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Expor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, digabung ke dalam Bank Mandiriri. Keempat Bank tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan perbankan di Indonesia dimana sejarahnya berawal pada lebih dari 140 tahun yang lalu.

Setelah selesainya proses merger, Bank mandiri kemudian memulai proses konsolidasi, termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.

Lini Bisnis
1. Institutional Banking
2. Corporate Banking
3. Commercial & Business Banking
4. Micro & Retail Banking
5. Consumer Finance

Deskripsi Kinerja Bisnis
1. Institutional Banking, adalah Sektor Bisnis baru
2. Corporate Banking, tumbuh sebesar 8.46% dibanding tahun 2008 menjadi Rp.141 trilin. Pertumbuhan ini didorong oleh tumbuhnya volume kredit sebesar 12.5%, terutama di sektor -sektor yang masih memiliki ruang tumbuh antara lain pertanian, konstruksi, pengangkutan, pergudangan dan komunikasi serta jasa jasa dunia usaha lainnya.
3. Commercial & Business Banking
4. Micro & Retail Banking
5. Consumer Finance

Sejarah Berdirinya Bank Mandiri


 sejarah bank mandiriSejarah Bank Mandiri dimulai sejak Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dan Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim) merger. Merger keempat bank ini dilaksanakan pada tahun 1999. Dalam proses penggabungan dan pengorganisasian ulang, jumlah cabang Bank Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600 menjadi 17.620.

Setelah selesainya proses merger, Bank Mandiri kemudian memulai proses konsolidasi, termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.

Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat ‘legacy banks’. Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program penggantian platform yang berlangsung selama tiga tahun, di mana program pengganti tersebut difokuskan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen ‘retail banking’.

Sampai jumpat dicerita Bank Mandiri lainnya.

Bank Mandiri Menang

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang dikenal karena memiliki banyak cabang dan ATM yang menyebar cukup merata di Indonesia. Hal inilah yang akahirnya menjadi salah satu hal yang mebawa Bank Mandiri pada gelar The Best Bank in 2011/2012.

Penentuan bank mana yang layak mendapat gelar ini dilakukan berdasarkan survei yang dilakukan di kota Jakarta, Cirebon, Medan, dan Semarang. Survei yang dilakukan dengan metode mystery shopper ini memberikan nilai terbaik kepada Bank Mandiri untuk cutomer service terbaik (82,47%), internet banking terbaik (99,52%) dan performa phone banking officer terbaik (95,28%).

Dengan melibatkan 12 bank swasta, 3 bank asing dan 4 bank pemerintah, dapat dikatakan bahwa survei ini membuahkan hasil yang membanggakan bagi Bank Mandiri.

Senin, 07 Januari 2013

E-money dari Bank Mandiri

Sesuai dengan Motto Bank Mandiri"Nikmati kemudahan dan kenyamanan hidup dengan selalu menggunakan mandiri prabayar di setiap transaksi harian Anda", Bank Mandiri terus menerus menciptakan serta mengadaptasi sistem yang dapat mempermudah nasabah dalam melakukan sebuah transaksi.
E-money dari Bank Mandiri
Baru - baru ini, Bank Mandiri mengeluarkan produk terbaru yang diberi nama Mandiri e-money. Mandiri e-money ini bisa Anda dapatkan di cabang-cabang utama Bank Mandiri di Jabodetabek dari tanggal 15 Oktober 2012 dengan nilai kartu perdana yang harus diisikan minimal Rp 100 ribu sampai dengan jumlah saldo maksimal Rp 1 juta. Harga kartu perdana mandiri e-money GRATIS. Saya menjadi sangat tertarik begitu melihat berita ini di media - media.

Kartu E- Money ini tidak ada batas masa berlakunya loh!! selain itu Biaya kartu hanya dikenakan apabila dilakukan penutupan kartu (redemption) atas keinginan pemegang kartu yaitu sebesar Rp 5.000,-.

Kartu mandiri e-money dapat diisi ulang, cek saldo dan cetak history transaksi melalui : Bank Mandiri atm bertanda E- Money atau di Cabang Bank Mandiri dan merchant retail yang telah bekerja sama, seperti Indomaret, Alfamidi/Alfaexpress, Alfamart dan Circle K. Dan isi ulang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu mandiri debit atau secara tunai. Bagaimana? Tertarik untuk ikut menggunakan E-Money dari Bank Mandiri ini? Langsung cek ke TKP yaitu website resmi Bank Mandiri.

Semogar berguna :D

Jumat, 04 Januari 2013

Produk Kredit Bank Mandiri

 Produk Kredit Bank Mandiri
Bank Mandiri semakin memperluas jaringan dan pelayanannya jadi tidak heran dia berhasil memasuki peringkat perbankan swasta terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, demi bisa bersaing dengan bank lainnya, Bank Mandiri harus memiliki produk-produk , fasilitas, dan kemudahan yang lebih baik dari bank - bank lainnya.Sebagai leading foreign exchange provider di Indonesia, Bank Mandiri selalu mengutamakan keamanan, kemudahan dan kecepatan layanan dalam bertransaksi.Kinerja Bank Mandiri harus lebih ditingkatkan tanpa mengurangi kualitas yang sudah ada.

Bank Mandiri memiliki berbagai produk dan layanan terbaik untuk memenuhi segala kebutuhan transaksi para Nasabahnya. Bank Mandiri terbagi 2 yaitu Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri. Yang akan dibahas disini adalah beberapa produk kredit dari Bank Mandiri:

1) Produk kredit pertama adalah kartu kredit (Kredit dengan menggunakan kartu). Bank Mandiri menawarkan 8 jenis kartu kredit yang bisa dipilih oleh nasabah dengan menyesuaikan kepada kebutuhannya. Berikut nama dari 8 jenis kartu kredit Bank Mandiri:
   1.Mandiri Visa Platinum
   2.Mandiri Visa Golf
   3.Mandiri Mastercard SkyZ
   4.Mandiri Everyday card
   5. Mandiiri Visa Gold and silver card
   6.Mandiiri Visa Hypermart card
   7.Mandiri Corporate card
   8.Mandiri Visa Fengsui card (wah yang ini paling unik)

Untuk informasi yang lebih lengkap dan cara pengajuan Kartu Kredit Bank Mandiri, bisa langsung dicek langsung di website Bank Mandiri.

2) Produk kredit ke-2 adalah fasilitas kredit seperti Bank Mandiri KTA, Bank Mandiri KPR, Kredit Kendaraan Bank Mandiri, Kredit Usaha Mikro Bank Mandiri,Kredit Multiguna, dan masih ada banyak lagi ( sampai cape nulisnya). Kurang lebih itu saja yang bisa disampaikan di sini mengenai pembahasan Kredit Bank Mandiri, mungkin apabila kurang jelas bisa langsung di cek ke website Bank Mandiri.

Rabu, 02 Januari 2013

Bank Syariah Mandiri Siap IPO

Bank Syariah Mandiri Siap IPO
Bank Mandiri dalam memasuki tahun 2013 ini mempunyai tugas tambahan yaitu mempersiapkan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO)  untuk Bank Syariah Mandiri (BSM).

Sehingga, IPO diharapkan bisa terealisasi pada 2014. “Tapi, persiapan IPO butuh waktu lama,” ujar Direktur Keuangan Bank Mandiri, Pahala N Mansury, di Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Pahala, Bank Mandiri akan memastikan anak perusahaannya yang bergerak di bisnis bank syariah tersebut siap untuk IPO. Kesiapan tersebut diukur dari kondisi keuangan korporasi yang baik. Sehingga, saham yang ditawarkan saat IPO menarik bagi investor.  

Kesiapan IPO BSM tersebut juga untuk memenuhi permintaan regulator. Sebelumnya, Bank Indonesia menyarankan agar bank syariah memperbesar kapasitas usahanya terlebih dahulu sebelum IPO.

Masyarakat juga dinilai belum mengenal luas bank syariah sehingga dikhawatirkan memengaruhi harga saham. Meski demikian, Pahala mengatakan BSM memiliki kinerja keuangan yang relatif baik.

Kredit BSM pada semester II 2012 sekitar 30 persen menjadi Rp 39,93 triliun dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 43,31 triliun, sementara aset mencapai Rp 49,70 triliun. “Secara keuangan, BSM sebetulnya baik, tapi kami pastikan waktu IPO, BSM menarik,” ujarnya.

sumber artikel adalah Republika Online

Lakukan Transaksi Syariah di Bank Mandiri




transaksi bank syariah mandiri
Sebentar lagi para nasabah dari Bank Syariah Mandiri (BSM) dapat melakukan transaksi dengan mudah. Pasalnya BSM sedang mempersiapkan diri untuk menerapkan sistem penghubung dengan induk perusahaan agar para nasabah dapat melakukan transaksi langsung di kantor - kantor Bank Mandiri yang lain.

Yuslam Fauzi sebagai Direktur Utama untuk BSM mengatakan bahwa sistem penghubung ini akan sangat menguntungkan bagi nasabah maupun perusahaan. Selain memudahkan nasabah menjangkau layanan syariah di kantor-kantor konvensional Bank Mandiri, sistem ini juga akan meningkatkan efisiensi perusahaan. "Sudah ada komitmen untuk mengembangkan ini," ujar Yuslam kepada wartawan, baru-baru ini.

Bagi perusahaan, ini akan memberikan keuntungan tersendiri. Anak usaha Bank Mandiri ini bisa meningkatkan efisiensi serta mempercepat kinerja apabila sistem ini dipakai. Bila mengembangkan jaringan sendiri, kata Yuslam, harus mengeluarkan biaya terutama untuk kantor dan sumber daya manusianya. Dengan sistem ini, BSM hanya perlu memberikan insentif kepada Bank Mandiri.

Rencananya BSM akan melakukan proyek awal di beberapa kantor cabang Bank Mandiri di wilayah Jawa untuk melihat seberapa besar animonya. Terkait perdebatan tentang sulitnya pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS), Yuslam menyebutkan, ini bukan suatu hambatan. Secara administrasi dan teknologi sistem syariah dan konvensional sudah berbeda. Artinya BSM hanya menumpang ruangan saja di kantor induk untuk efisiensi.

Untuk tahap uji coba ini, BSM baru akan menghimpun dana pihak ketiga melalui sistem ini. Pasalnya produk ini yang lebih cepat dan efisien untuk diterapkan lebih dulu. Untuk pembiayaan perusahaan baru akan mengembangkannya setelah pilot project berjalan. Namun tidak dalam waktu dekat.
Yuslam menyebutkan, kalaupun akan mengembangkan pembiayaan, produk pertama yang akan dijual melalui sistem ini adalah gadai. "Karena gadai dianggap paling mungkin dan tidak rumit prosesnya," ujar Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) ini. Ia mengharapkan uji coba dapat dilaksanakan pada kuartal pertama 2013.

Sumber artikel: Republika Online