Rabu, 23 Januari 2013

Sejarah Bank di Indonesia

Ada yang pernah tau tentang sejarah Bank di Indonesia? Kapan pertama kalo bank ada dan kenapa ada bank-bank besar kaya Bank Mandiri akhirnya ada di Indonesia?

Well, ini ceritanya:

Dulu, di Indonesia bank itu adalah suatu sistem yang dibawa oleh orang-orang Belanda. Di kala itu, De Javansche Bank,didirikan pertama kali di Batavia (nama Jakarta jaman dulu) di tahun 1828 terus setelah itu disusul oleh Netherlandsche Indische Escompto Maatschappij, NV di tahun 1918 untuk memegang monopoli pembelian hasil bumi di Indonesia dan dijual ke luar negeri.Singakat cerita, dengan berkembangnya bank-bank yang didirikan dan dibawa oleh Hinda Belanda, berikut ini adalah bank-bank pemerintah yang berdiri tegak sampai sekarang.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat sejarah bank-bank milik pemerintah, yaitu:
1. Bank Sentral
Bank Sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI) berdasarkan UU No 13 Tahun 1968. Kemudian ditegaskan lagi dnegan UU No 23 Tahun 1999.Bank ini sebelumnya berasal dari De Javasche Bank yang di nasionalkan di tahun 1951.

2. Bank Rakyat Indonesia dan Bank Expor Impor
Bank ini berasal dari De Algemene Volkscrediet Bank, kemudian di lebur setelah menjadi bank tunggal dengan nama Bank Nasional Indonesia (BNI) Unit II yang bergerak di bidang rural dan expor impor (exim), dipisahkan lagi menjadi: Yang membidangi rural menjadi Bank Rakyat Indonesia dengan UU No 21 Tahun 1968.Yang membidangi Exim dengan UU No 22 Tahun 1968 menjadi Bank Expor Impor Indonesia.

3. Bank Negara Indonesia (BNI '46)
Bank ini menjalani BNI Unit III dengan UU No 17 Tahun 1968 berubah menjadi Bank Negara Indonesia '46.Bank Dagang Negara(BDN)

4. BDN berasal dari Escompto Bank yang di nasionalisasikan
dengan PP No 13 Tahun 1960, namun PP (Peraturan Pemerintah)ini dicabut dengan diganti dengan UU No 18 Tahun 1968 menjadi Bank Dagang Negara. BDN merupakan satu-satunya Bank Pemerintah yangberada diluar Bank Negara Indonesia Unit. Bank Bumi Daya (BBD)

5. Bank Tabungan Negara(BTN)
BTN berasal dari De Post Paar Bank yang kemudian menjadi Bank Tabungan Pos tahun 1950. Selanjutnya menjadi Bank Negara Indonesia Unit V dan terakhir menjadi Bank tabungan Negara dengan UU No 20 Tahun 1968.

6. Bank Mandiri
 Bank Mandiri merupakan hasil merger antara Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dan Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim). Hasil merger keempat bank ini dilaksanakan pada tahun 1999. Yang menarik di sini adalah Bank Mandiri karena dari semua bank milik pemerintah, yang menjadi saat ini Bank Mandiri. Mengapa? Karena Bank Mandiri adalah satu-satunya yang Saya tahu memiliki museum Bank di indonesia. Kalo salah, Saya akan minta maaf ke Bank Mandiri. Hehehehe.

Demikian sedikit kisah untuk Bank di Indonesia, terutama Bank Mandiri. Nah, mengenai museum Bank Mandiri akan Saya bahas setelah artikel berikut ini.

Thanks a lot for reading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar