Rabu, 02 Januari 2013

Bank Syariah Mandiri Siap IPO

Bank Syariah Mandiri Siap IPO
Bank Mandiri dalam memasuki tahun 2013 ini mempunyai tugas tambahan yaitu mempersiapkan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO)  untuk Bank Syariah Mandiri (BSM).

Sehingga, IPO diharapkan bisa terealisasi pada 2014. “Tapi, persiapan IPO butuh waktu lama,” ujar Direktur Keuangan Bank Mandiri, Pahala N Mansury, di Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Pahala, Bank Mandiri akan memastikan anak perusahaannya yang bergerak di bisnis bank syariah tersebut siap untuk IPO. Kesiapan tersebut diukur dari kondisi keuangan korporasi yang baik. Sehingga, saham yang ditawarkan saat IPO menarik bagi investor.  

Kesiapan IPO BSM tersebut juga untuk memenuhi permintaan regulator. Sebelumnya, Bank Indonesia menyarankan agar bank syariah memperbesar kapasitas usahanya terlebih dahulu sebelum IPO.

Masyarakat juga dinilai belum mengenal luas bank syariah sehingga dikhawatirkan memengaruhi harga saham. Meski demikian, Pahala mengatakan BSM memiliki kinerja keuangan yang relatif baik.

Kredit BSM pada semester II 2012 sekitar 30 persen menjadi Rp 39,93 triliun dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 43,31 triliun, sementara aset mencapai Rp 49,70 triliun. “Secara keuangan, BSM sebetulnya baik, tapi kami pastikan waktu IPO, BSM menarik,” ujarnya.

sumber artikel adalah Republika Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar